Layanan Publikasi KSU

Kantor Sekretariat Universitas UMJ dalam ruang lingkup membangun citra dan reputasi UMJ melalui media online, media sosial dan media cetak memiliki layanan publikasi diantaranya :

Website www.umj.ac.id :

    • Slider Banner : berbentuk gambar dengan ukuran (Horizontal x Vertical) 1500px X 500px berisi informasi penting atau kegiatan yang akan datang.

    • Pengumuman : pengumuman dapat berisi pemberitahuan atau ucapan berbentuk gambar dengan ukuran (Horizontal x Vertical) 300px X 400px disertai keterangan gambar.

    • Agenda : rencana kegiatan dapat berbentuk gambar dengan ukuran (Horizontal x Vertical) 300px X 400px disertai keterangan gambar.

    • Opini : tulisan populer yang bersi gagasan atau ide dengan persyaratan klik tautan berikut >> Prosedur Penulisan Opini

    • Wawancara : tulisan populer mengenai sosok inspiratif yang masih berkaitan dengan UMJ

    • Kata Pakar : tulisan populer yang membahas tentang kepakaran seseorang dalam membahas isu tertentu dan terdapat tips atau tutorial dari pakar.

    • Kolom Mahasiswa : tulisan pengalaman dari mahasiswa aktif UMJ yang dapat meningkatkan citra UMJ.

Semua materi di atas dikirim ke email : [email protected] dengan subject : Request_nama layanan_unit/fakultas_nama pengirim, contoh : Request_Rilis Berita_FTUMJ_SiFulan. Semua materi konten yang dikirim akan melalui proses seleksi sesuai dengan kententuan dari KSU UMJ sebelum dinyatakan layak untuk dipublish.


Social media UMJ:

    • Instagram Feeds : media gambar ukuran 1080px X 1080px

    • Instagram Reels : media video ukuran 1080px X 1920px berdurasi 60 – 90 detik

    • Instagram Story : mention dan DM request story ke akun Instagram @um.jakarta

    • X (Twitter) : dalam bentuk link kegiatan dan keterangan kegiatan berjumlah 140 kata.

Seluruh konten media sosial yang dikirim harus bernilai positif untuk meningkatkan citra dan reputasi UMJ dan berisi informasi kegiatan/pengumuman dilingkup universitas. Konten akan melalui proses seleksi dari KSU UMJ sebelum dinyatakan layak untuk dipublish. Materi konten IG Feeds, IG Reels, dan Twit dikirim ke email : [email protected] dengan subject : Request_nama layanan_unit/fakultas_nama pengirim, contoh : Request_IG Reels_FTUMJ_SiFulan.


TV UMJ :

    • Live Streaming : hanya tersedia pada kegiatan Wisuda Universitas, Pengukuhan Guru Besar, Hari Bermuhamadiyah, Seminar Internasional dengan peserta luring minimal 200 orang (30% peserta luar UMJ), dengan durasi live maksimal 3 jam.

    • Tapping : rekaman dokumentasi hanya tersedia pada kegiatan Wisuda Universitas, Pengukuhan Guru Besar, Hari Bermuhamamdiyah, Seminar Internasional dengan peserta luring minimal 150 orang (30% peserta luar UMJ), dengan video berdurasi maksimal 2 jam

    • Teaser / After Movie : video berdurasi 30 – 60 detik

    • Podcast : adalah bentuk publikasi media digital berupa rekaman audio yang dapat diunduh atau diputar secara streaming pada aplikasi spotify atau noise (masih tahap pengembangan)

    • Campus Corner : layanan publikasi video keunggulan kampus baik bidang akademik, prestasi maupun fasilitas, dengan durasi maksimal 15 menit.

Permohonan layanan TV UMJ Live Streaming dan Tapping paling lambat 7 hari kerja sebelum hari pelaksanaan, lokasi kegiatan dalam ruang tertutup (indoor) dan dilengkapi dengan koneksi jaringan lebih dari 40mbps, penerangan ruangan cukup, terdapat sistem audio visual (speaker, mic, mixer, tv display/projector), terdapat meja dan kursi operator beserta power outlet. Akomodasi, loading dan instalasi perangkat minimal H-1 (jam kerja).

Lokasi kegiatan berada di lingkungan kampus UMJ, apabila peliputan berada diluar kampus UMJ maka penyelenggara wajib menyiapkan logistik (transport, konsumsi, penginapan untuk acara di luar kota)  untuk tim yang bertugas.

Surat permohonan publikasi di TV UMJ harus ditandangani oleh ketua pelaksana dan pimpinan fakultas atau pimpinan unit dan dikirim ke email : [email protected] dengan subject : Request_nama layanan_unit/fakultas_nama pengirim, contoh : Request_LiveStreaming_FTUMJ_SiFulan


Publikasi Media Luar

    • Rilis Berita Media Online* : mengirimkan rilis berita yang sudah sesuai dengan ketentuan KSU UMJ ke media masa online maupun cetak.

    • Live tvMu

    • Tapping tvMu

Permohonan layanan publikasi TV Muhammadiyah paling lambat 7 hari kerja sebelum hari pelaksanaan, lokasi kegiatan dilengkapi dengan koneksi jaringan lebih dari 50mbps, penerangan ruangan cukup, terdapat sistem audio visual (speaker, mic, mixer, tv display/projector), terdapat meja dan kursi operator beserta power outlet. Akomodasi, loading dan instalasi perangkat minimal H-1.

* Terdapat beban biaya publikasi

Surat permohonan publikasi di TV Muhammadiyah harus ditandangani oleh ketua pelaksana dan pimpinan fakultas atau pimpinan unit dan dikirim ke email : [email protected] dengan subject : Request_nama layanan_unit/fakultas_nama pengirim, contoh : Request_Live tvMu_FKKUMJ_SiFulan